Kamis, 18 April 2013

Cara Ampuh Melewati Psikotest Rekruitmen Kerja


Cara Ampuh Melewati Psikotest
Psikotes merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan, kepribadian dan keterampilan yang dimiliki seseorang. psikotes sendiri menggunakan ilmu psikologi karena ilmu psikologi merupakan ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar.
Psikotes biasanya digunakan dalam seleksi penerimaan karyawan pada sebuah perusahaan, soal-soal psikotes pun bukan soal-soal yang didapatkan saat dibangku sekolah, biasanya lebih ke arah keterampilan, kepribadian dan kemampuannya. jadi saat kegiatan psikotes berlangsung semua peserta baik lulusan S1, SMA, kedokteran, jurusan dan jenjang pendidikan yang berbeda-beda tetap akan mendapatkan pertanyaan yang sama.
Mungkin anda bertanya-tanya, apa sih fungsi dari psikotes saat rekruitmen karyawan baru? berikut beberapa fungsi psikotes yang dilakukan untuk rekrutmen karyawan :
  1. Perusahaan ingin mengetahui kepribadian, keterampilan, dan kemampuan calon karyawan.
  2. Perusahaan membutuhkan data psikotes untuk penempatan kandidat yang cocok dengan posisi yang dilamar.
  3. Perusahaan membutuhkan kandidat yang sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan
Psikotes sederhananya hanya memberikan pertanyaan mengenai kepribadian, biasanya soal tersebut dalam bentuk multiple chooice yang jawabannya tidak ada yang benar atau salah, karena harus sesuai dengan yang ada pada diri anda.
  • Test IQ
Merupakan test yang mengukur kecepatan dan ketepatan berfikir anda, serta membutuhkan konsentrasi yang tinggi. semakin tinggi nilai IQnya semakin cerdas otak anda.
  • Test Kepribadian
Dalam test ini tidak ada jawaban yang benar atau salah, karena anda diharuskan menjawabnya dengan jujur agar perusahaan bisa mengenali kepribadian anda secara benar.
  • Test Kemampuan
Test ini mengukur kemampuan anda mengerjakan soal-soal yang sederhana tetapi butuh kecepatan, ketelitian, dan fokus yang tinggi.
  • Test Kreatifitas
Test ini untuk mengukur kreatifitas anda dengan metode gambar, karena anda akan diminta menggambar sesuatu dari gambar yang sederhana, seperti gambar titik, gambar lengungan, ataupun gambar garis. dan yang terbesar adalah anda diharuskan menggambar orang secara utuh.
  • Psikotes bukan ilmu yang anda pelajari dibangku sekolah maupun kuliah, jadi bila anda pertama kali melakukan psikotes akan kebingungan dengan jenis pertanyaan yang aneh. solusinya adalah ketahui pertanyaan-pertanyaan psikotes pada umumnya, dan kenali pola pertanyaan psikotes. anda bisa bertanya kepada teman atau sodara yang pernah ikutan test psikotes, selain itu anda juga bisa mempelajari soal-soal psikotes tersebut dari buku-buku contoh soal psikotes yang bisa anda dapatkan di toko buku. selain itu anda juga bisa searching di internet tentang sal-soal psikotes.
  • Pada soal test kepribadian jawablah pertanyaan dengan jujur, karena tidak ada jawaban yang benar atau salah pada test tersebut, disini perusahaan ingin tahu kepribadian anda agar pada saat penempatan posisi kerja anda tidak terjerumus pada penempatan posisi yang salah yang bisa mengakibatkan penurunan kerja anda nantinya.
  • Jangan lakukan test psikotes dalam keadaan sakit atau kurang enak badan, jika anda merasa sehat jangan lupa tetap mengisi perut anda dengan sarapan ringan sebelum mengerjakan test agar anda mendapatkan energi yang cukup untuk mengerjakan soal-soal psikotes tersebut dengan maksimal.
Semoga tips dan informasi tentang psikotes di atas bisa bermanfaat. dan bisa membantu anda untuk lebih siap menghadapi psikotes saat anda melamar kerja
Sumber : http://www.career-and-job.com/2012/03/cara-ampuh-melewati-psikotest-rekruitmen-kerja/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar